Kolaka

shares |


Hallo man teman, jangan lupa untuk selalu membaca sampai selesai yapp... Jangan hanya sekilas saja. Dan setelah membaca sampai selesai biasakan meninggalkan komentar yapp biar saya semakin semangat buat artikel-artikel.
BANTU SHARE YAPP MAN TEMAN 🙏 😍
Kabupaten Kolaka berada di Provinsi Sulawesi Tenggara dengan dominasi wilayahnya berupa pegunungan dan perbukitan yang memanjang dari ke utara dan selatan. Pulau-pulau dan daratan yang umumnya berada di bawah 1 ribum DPL telah membentuk wilayah indah ini dengan indahnya.

Kabupaten Kolaka berbatasan dengan Teluk Bone di sebelah barat dan Kabupaten Bombana di selatan. Wilayah utara dan timur Kolaka dihimpit oleh wilayah-wilayah pemekarannya sendiri, yakni Kabupaten Kolaka Utara dan Kabupaten Kolaka Timur.

Jika dilihat dari sudut pandang oseanografi, wilayah perairan Kolaka sangat luas yakni sekitar 15.000 km2. Selain itu, Kolaka juga memiliki beberapa sungai yang dapat dijadikan sumber energi berdaya guna untuk kebutuhan industri, irigasi, hingga pariwisata. 


Kota Kolaka sendiri merupakan pintu gerbang yang menghubungkan Provinsi Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan jika ditempuh melalui jalur darat. Kedua propinsi tersebut dihubungkan dengan ferry yang ditempuh selama 8 jam dari Bone di Sulawesi Selatan dan Kolaka di Sulawesi Tenggara.

Kabupaten Kolaka sangat unggul dalam sektor perkebunan seperti kakao, kopi, kelapa, jambu mete, dan lada. Juga unggul di bidang pertanian berupa jagung dan ubi kayu. Kabupaten ini begitu menjaga kebersihan kotanya, tidak heran jika Piala Adipura untuk kategori kota kecil terbesih berhasil dikantungi sebanyak 10 kali.

KEGIATAN


Wilayah perairan yang luas membuat Kabupaten Kolaka menyuguhkan pilihan wisata bahari yang cukup beragam. Beberapa di antaranya adalah Sungai Tamborasi, sungai terpendek di dunia yang kerap dijadikan wisata pemandian alam atau Pantai Pitura dengan pemandangan indah yang lautnya dipagari bunga-bunga dan pepohonan pinus. Pulau lain seperti Pulau Lambasina tak kalah mempesona. Lokasi ini adalah tempat pemancing yang ingin menguji ketahanan fisik, sebab, butuh kesabaran luar biasa untuk memperoleh ikan di sini.

Anda yang ingin melihat keindahan bawah laut Kolaka maka bisa terjun ke kawasan Tanjung Kajuangin dan Pulau Padamarang dimana memiliki banyak spor diving dengan beraneka koral dan spesies ikan.

Ingin berpetualang? Raihlah kawasan Wisata Mata Usu, sebuah pegunungan indah yang melindungi satwa langka seperti Rusa. Medan jalanan yang berkelok-kelok dan menantang juga membuat lokasi ini cocok bagi pecinta kegiatan reli mobil.

KULINER


Itik rekko dan sinonggi merupakan dua kuliner andalan Suku Mekongga. Itik Rekko diolah dari daging itik yang dimasak dengan rempah-rempah, rasa pedas yang dominan benar-benar akan menggoyang lidah.

Sinonggi tak kalah unik, panganan ini terbuat dari sari pati sagu, disajikan secara terpisah dengan sayur dan laut pauk berupa ikan. Dahulu, sinonggi kerap dijadikan makanan pokok namun kini maknanya bergeser sebagai pengganti beras ketika musim paceklik. 

Untuk mencicipi sinonggi datanglah ke Rumah Makan Berkah di Jalan Ahmad Mustin No. 10 km 3 Kolaka. Meski tempat ini sangat sederhana namun telah lama dikenal sebagai penyaji sinonggi terbaik, pengunjungnya bahkan sehari bisa melayani 150 pelanggan.

AKOMODASI


Terdapat satu hotel berbintang dan beberapa hotel kelas melati di Kabupaten Kolaka, diantaranya berikut ini:

Sutan Raja Hotel Kolaka 
Jalan Khairil Anwar, +62-405-232118
Merupakan akomodasi terbaik di Kolaka di mana terdapat pusat perbelanjaan dan taman yang merupakan bagian dari area hotel.

BERBELANJA


Sutan Raja Hotel Kolaka lokasinya berada di pinggir pantai dan kawasannya menyatu dengan pusat perbelanjaan. Di dekat ini pula dapat Anda temukan pasar tradisional, termasuk bila ingin membeli oleh-oleh khas Kolaka yang tidak berada dengan Kendari, yaitu kacang mete dan aneka panganan sagu.

TRANSPORTASI

Kabupaten Kolaka bisa dicapai lewat jalur darat, jalut laut dan jalur udara. Jalur laut ditempuh dari Pelabuhan Bone di Makassar ke Pelabuhan Kolaka dengan kapal ferry. Jalur laut bisa ditempuh dari Pelabuhan Makassar ke Pelabuhan Bajo di Kabupaten Bone. Waktu tempuh 3 jam dan tarif Rp. 60.000 per orang. Lalu dilanjutkan dari Pelabuhan Bajo ke Pelabuhan Kolaka dengan kapal ferry, tarifnya Rp. 60.000 dengan waktu tempuh 8 jam.

Jika memilih jalur udara, Anda bisa meraih Bandara Sultan Hassanudin Makassar terlebih dahulu kemudian melanjutkan perjalanan ke Bandara Sangai Nibandera Kolaka. Maskapai penerbangan Wings Air akan membawa Anda terbang selama 50 menit.

Pilihan lain berupa jalur darat, dapat ditempuh melalui Kota Kendari, ibukota Sulawesi Tenggara. Butuh waktu 3-4 jam dari Kendari ke Kolaka dengan kondisi jalan yang sudah baik. Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan mobil sewaan atau mobil pribadi.

Baca Juga Yang Ini yapp

BUAT TEMEN-TEMEN YANG MAU GABUNG JADI SAHABAT MAS IFAN DI GRUP WA BISA KONTAK SAYA DISINI WA 0831-9534-4214, JADI YANG PALING PERTAMA TAHU ADA ARTIKEL MENARIK DAN KEGIATAN MAS IFAN DI GRUP WA SECARA LANGSUNG... ENJOYY