Anders Celcius Si Penius Penemu Skala Suhu

shares |


Hallo man teman, jangan lupa untuk selalu membaca sampai selesai yapp... Jangan hanya sekilas saja. Dan setelah membaca sampai selesai biasakan meninggalkan komentar yapp biar saya semakin semangat buat artikel-artikel.

GABUNG JUGA YUK DI GRUP WHATSAPP SAHABAT MAS IFAN 🙏 😍 JOIN GRUP KONTAK WA 0831-9534-4214
Standar ukuran yang lazim digunakan untuk mengukur suhu adalah celcius. Definisi ilmiah mengenai celcius sendiri adalah suatu skala suhu yang dibuat sedemikian rupa agar titik beku air berada pada 0 derajat dan titik didih pada 100 derajat di tekanan atmosferik standar.

Meskipun dikenal juga skala untuk mengukur suhu lainnya yaitu kelvin dan fahrenheit, namun yang paling banyak digunakan sebagai patokan ukuran suhu adalah skala celcius. Celcius dipergunakan hampir di seluruh dunia, kecuali di Amerika Serikat dan Jamaika yang memakai fahrenheit sebagai skala pilihan suhu sehari-hari.

Anders Celcius Si Penius Penemu Skala Suhu

Penamaan skala celcius diambil dari nama penemuannya, yaitu Anders Celcius, yang pertama kali mencetuskan skala ini pada 1742.

Dilahirkan di Uppsala, Swedia, pada 1701, Anders Celcius sepertinya ditakdirkan untuk berkehidupan di ranah ilmu pengetahuan. Rekam jejak keluarganya menunjukkan bahwa Anders memang berasal dari bsang ilmuwan.

Magnus Celcius, Kakek Anders dari pihak ayah, adalah seorang profesor Matematika di Unievrsitas Uppsala. Sama halnya dengan kakek Anders dari keluarga ibu, yakni Anders Spole, dan ayah Anders, Nils Celcius, di mana keduanya menjabat sebagai guru besar astronomi di Universitas Uppsala.

Mengikuti jejak kedua kakek dan ayahnya, sejak kecil Anders Celcius sudah berminat pada ilmu Matematika dan astronomi. Lulus kuliah di perguruan tinggi yang sama, Universitas Uppsala, Anders dengan cepat, menyusul kegemilangan para pendahulunya.

Sejak tahun 1725, ia terpilih sebagai pengurus teras Royal Society of Sciences di Uppsala. Bahkan, pada usia 29 tahun, yakni pada 1730, Anders sudah dinobatkan sebagai profesor astronomi di almameternya.

Di tahun yang sama, ia telah berhasil mencetuskan metode baru untuk menentukan jarak matahari dari bumi. Hasil pemikirannya ini kemudian diterbitkan dalam bentuk buku dengan judul Nova Methodus Distantian Solis.

Demi memperdalam penelitiannya tentang bentuk bumi, sejak tahun 1732 Anders melakukan perjalanan ekspedisi ke berbagai wilayah di belahan dunia, bahkan hingga ke kutub utara. Ia menyambangi sejumlah negara di Eropa untuk berkunjung ke seluruh tempat obeservasi yang tersebar di benua biru itu sekaligus menjalin relasi dengan para astronomnya. Pada 1733, Anders telah mempunyai ratusan hasil penelitian yang kemudian ia terbitkan dari Nurenberg, Jerman.

Anders sempat pulang sebentar ke Uppsala. pada 1736, ia melanjutkan lagi petualangannya dan bergabung dengan tim ekspedisi astronomi dari Prancis. ekspedisi akbar ini bertujuan untuk mengukur panjang derajat garis bujur dari daerah kutub dan membandingkan hasilnya dengan ekspedisi serupa yang dilakukan di wilayah garis khatulistiwa, tepatnya di negara Peru, Amerika Selatan.

Dari hasil ekspedisi itu, Anders Lantas menyatakan bahwa daratan di negara-negara yang ada di kawasan Nordik secara berlahan naik di atas permukaan air laut. Proses ini, kata Anders, telah berlangsung sejak mencarinya es dari Zaman Es. Setelah riset ekspedisi bersama tim di Prancis itu rampung, Anders menarik kesimpulan bahwa bumi sebenarnya tidak berbentuk bulat penuh, melainkan agak lonjong di bagian kutub.

Di bidang pengukuran suhu, sepak terjang Anders lebih hebat lagi. Ada beberapa satuan ukuran suhu berbeda yang digunakan pada masa itu. Alat pengukur suhunya pun cukup banyak ragamnya. Dari begitu banyaknya pilihan inilah kemudian Anders memikirkan cara untuk membuat satuan pengukur suhu yang bisa menjadi standar internasional.

Kebetulan, keinginan Anders itu masih berkaitan dengan observasinya di bidang astronomi. Demi kebutuhan observasi meterologinya, Anders menciptakan alat pengukur suhu (thermometer) dengan skala yang mempunyai titik beku 0 derajat dan titik didih 100 derajat.

Awalnya, ukuran skala tersebut disebut dengan skala derajat sentigrade. Baru pada 1984, sebagai wujud penghargaan atas jasa Anders Celcius, maka ukuran skala derajat sentigrade diganti menjadi derajat celcius.

Anders Celcius adalah salah seorang ilmuwan yang paling berpengaruh di Swedia. Ia tercatat sebagai salah satu pemrakarsa terbentuknya Royal Swedish Academy of Sciences yang didirikan di Stockholm pada 1739.

Bahkan, Anderslah yang mengusulkan nama untuk akademi ilmu pengetahuan Swedia itu. Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 25 April 1744, Anders Celcius meninggal dunia dalam usia yang masih relatif muda, yakni 42 tahun.

Penyakit TBC membuat Anders tak berdaya dan akhirnya harus mengucap selamat tinggal untuk dunia. Sebelum menutup mata, Anders Celcius sempat mempersembahkan buku terakhirnya, berjudul Aritmetics of the Swedish Youth, yang terbit pada 1741.

Baca Juga Yang Ini yapp

BUAT TEMEN-TEMEN YANG MAU GABUNG JADI SAHABAT MAS IFAN DI GRUP WA BISA KONTAK SAYA DISINI WA 0831-9534-4214, JADI YANG PALING PERTAMA TAHU ADA ARTIKEL MENARIK DAN KEGIATAN MAS IFAN DI GRUP WA SECARA LANGSUNG... ENJOYY