Biaya Hidup Di Belanda Buat Kamu Yang Mau Sekolah Di Sana

shares |


Hallo man teman, jangan lupa untuk selalu membaca sampai selesai yapp... Jangan hanya sekilas saja. Dan setelah membaca sampai selesai biasakan meninggalkan komentar yapp biar saya semakin semangat buat artikel-artikel.

GABUNG JUGA YUK DI GRUP WHATSAPP SAHABAT MAS IFAN 🙏 😍 JOIN GRUP KONTAK WA 0831-9534-4214
Wanita Belanda ( Sumber Gambar )
Diary Mas Ifan - Letak Negara ini ada di tengah-tengah Eropa dengan bermacam-macam pilihan makanan dan juga hiburan, Belanda merupakan tempat tujuan kuliah yang sangat menarik untuk para mahasiswa internasional.

Namun, hidup di negara Kincir Angin ini bisa sangat mahal. Pada umumnya, para mahasiswa internasional yang tinggal di Belanda akan menghabiskan uang kurang lebih sebanyak €800 hingga €1,100 per bulan.

Akomodasi, biaya makan dan juga biaya hidup sehari-hari adalah biaya yang tidak akan bisa dihindari ketika hidup di luar negeri, dan juga biaya-biaya itu tentu saja bukan biaya yang kecil.

AKOMODASI

Amsterdam ( Sumber Gambar )

Universitas yang ada di negara Belanda ini tidak mempunyai asrama kampus, jadi untuk kalian para mahasiswa internasional biasanya akan tinggal di beberapa kota atau daerah yang dengan dengan kampus.

Biaya akomodasi tentu saja berbeda dari setiap kota satu dengan kota yang satunya. Di Amsterdam, biata akomodasi bisa jauh lebih mahal jika di banding dengan kota-kota lainnya yang ada di Belanda.

Di Belanda, biaya sewa kamar biasanya bakal menghabiskan kurang lebih €300 sampai €600 per bulan.

Dan Mas Ifan sarankan agar sebelum menandatangani kontrak sewa kamar atau kos, ada baiknya kamu cari tahu dengan jelas biaya apa saja yang termasuk dalam biaya sewa Anda. Beberapa biaya sewa akomodasi apakah sudah termasuk biaya gas, tv, listri dan Internet. Ada juga biaya akomodasi yang mungkin tidak harus ditanggung oleh kamu harusnya.

Selain itu, kamu juga harus bertanya apakah akomodasi itu sudah dilengkapi dengan perabotan rumah atau belum.

BIAYA MAKAN DI BELANDA

Amsterdam ( Sumber Gambar )

Biaya makan di Belanda saya rasa cukup mahal, bisa sampai 200Euro per bulan. Sebagian universitas tidak mempunyai kantin dengan harga yang murah. Beberapa kota mempunyai Pub (tempat makan) yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.

Akan tetapi pilihan termurah tetap saja memasak di rumah dengan teman-teman. Dan berikut ini daftar harga beberapa makanan yang ada di Belanda :

  • Segelas bir di pub €3
  • Segelas kopi/teh €2.
  • Big Mac  €3,15
  • Set makanan di restoran khusus mahasiswa €12,50

Di negara Belanda juga ada cukup banyak Bar dan Restoran yang memberikan diskon untuk para mahasiswa jika memperlihatkan kartu mahasiswa mereka. Kamu juga bisa mendapatkan kartu International Student Identity Card (ISIC) yang mana dengan itu kamu bisa mendapatkan cukup banyak diskon di beberap atempat pertokoan, bioskop, restoran, bar dan juga museum.

Jika mau kuliah disini dan menjadi mahasiswa disini ada baiknya kamu juga mempertimbangkan untuk membuat asuransi kesehatan. harganya juga bergantung, Pihak Universitas biasanya juga menyediakan informasi tentang asuransi kesehatan yang rekomended.

Buat kamu yang ingin kuliah di belanda, atau pingin liburan disana, semoga artikel ini bisa sedikit memberikan gambaran berapa besar uang yang harus kalian bawa.

Ohh ya lebih baik jika kalian ingin hemat, beli saja sepeda di sana, karena di Belanda, tempatnya sangat aman dan rekomended banget untuk bepergian dengan sepeda.

Baca Juga Yang Ini yapp

BUAT TEMEN-TEMEN YANG MAU GABUNG JADI SAHABAT MAS IFAN DI GRUP WA BISA KONTAK SAYA DISINI WA 0831-9534-4214, JADI YANG PALING PERTAMA TAHU ADA ARTIKEL MENARIK DAN KEGIATAN MAS IFAN DI GRUP WA SECARA LANGSUNG... ENJOYY