Sebelum Pinjam Uang Online, Ketahui Hal Ini Terlebih Dahulu?

shares |


Hallo man teman, jangan lupa untuk selalu membaca sampai selesai yapp... Jangan hanya sekilas saja. Dan setelah membaca sampai selesai biasakan meninggalkan komentar yapp biar saya semakin semangat buat artikel-artikel.

GABUNG JUGA YUK DI GRUP WHATSAPP SAHABAT MAS IFAN 🙏 😍 JOIN GRUP KONTAK WA 0831-9534-4214
Ilustrasi ( Sumber Gambar )
Diary Mas Ifan - Aplikasi pinjaman uang secara online saat ini sedang menjadi sebuah tren di kalangan para warganet dan juga generasi milenial, kesulitan finansial yang ada di hadapan bisa dengan mudah di atasi dengan mudah dan cepat dalam genggaman.

Seperti yang kita ketahui bahwa Fintech sendiri lahir dari inovasi Dunia Digital yang berkembang begitu cepat. Di dunia finansial dan juga jasa keuangan sentuhan teknologi yang modern memberikan kemudahan dan percepatan pada sebuah pelayanan keuangan.

Tapi sepertinya jika seperti yang dialami oleh teman saya, tidak saya sebutkan namanya fintech selain bisa membuat masalah finansial teratasi juga bisa membuat orang itu mengalami masalah baru.

Kenapa masalah baru?, bagaimana tidak masalah baru, karena jika sampai telat 1 hari tidak membayar angsuran maka hampir semua teman kita tahu bahwa kita sedang pinjam uang online dan tentunya ini tidak bagus untuk mental si peminjan.

SEPERTI DIPERMALUKAN KE SEMUA TEMAN?

Jujur saya sendiri tidak tau menau mengenai peraturannya, apakah boleh pihak penyedia jasa layanan pinjaman online itu menotif ke semua kontak yang ada di HP yang digunakan oleh si peminjam, itukan termasuk pencurian data.

Hmmm,.... tapi tunggu dulu rupanya itu bukan merupakan pencurian data, akan tetapi memang ketika kita mengakses aplikasi pinjaman online, maka mereka akan meminta ijin terlebih dahulu oleh kita di awal-awal, apakah aplikasi ini boleh merayap ke bagian kontak dll. dan biasanya kita mengabaikan hal ini dan memberikan ijin.

Dan ketika sudah seperti itu maka otomatis aplikasi fintech bisa bekerja dengan mudah mengontak satu persatu teman, saudara, orang tua untuk mereka kontak / notif sewaktu-waktu jika kamu telat melakukan pembayaran angsuran pinjaman.

Yahh rasanya memang malu, risih dan juga tidak karuan tentunya, terlebih lagi jika mereka mempergunakan bahasa yang tidak indah, seperti sedikit menghina.

Sebenarnya pingin banget ngomongin hal ini panjang lebar, tapi saya belum tau persis bagaimana peraturannya, Apakah hal seperti ini boleh dan tidak melanggar hukum atau tidak? karena takutnya jika saya sudah koar-koar ternyata ini dilindungi....

Tapi kalau boleh saya bilang, jika cara penagihannya seperti ini saya merasa kok tidak pas rasanya, bagaimana pun juga harus diselidik terlebih dahulu, kenapa si peminjam belum membayar angsuran bulannya, apakah memang tidak mau membayar atau karena sedang ada masalah yang di luar dugaan, sehingga memang menjadikan ia terlambat untuk membayar angsuran.

PERNAH DAPET NOTIF WA

Saya sendiri pernah mendapatkan notif WA, SMS dan bahkan Telfon... Dimana salah satu perusahaan Fintech jasa pinjaman uang online yang namanya tidak saya sebutkan, hampir dalam 1 minggunya mereka telfon saya 2 sampai 3 kali hanya untuk bertanya apakah tau posisi teman saya tinggal di mana.

Saya selalu jawab saya tidak tau sekarang teman saya dimana... rasanya jika semua kontak yang ada di HP Si peminjam uang online di telf, sms dan wa semuanya tentu mental si peminjam benar-benar bisa block atau rusak, malu banget tentunya.

dan disinilah saya merasa tidak setuju dengan cara penagihan yang seperti itu.

Tidak aneh jika cara penagihan yang seperti ini akan membuat si peminjam terus berbohong, berbohong dan berbohong karena tidak ada solusi, yang ada hanya "Kamu harus bayar hutang segera plus dengan bunga-bunganya yang besar itu"...

Saya jadi teringat pesan dari Umar bin Abdul Aziz, beliau berkata,

“Aku wasiatkan kepada kalian agar tidak berutang, meskipun kalian merasakan kesulitan, karena sesungguhnya utang adalah kehinaan di siang hari kesengsaraan di malam hari, tinggalkanlah ia, niscaya martabat dan harga diri kalian akan selamat, dan masih tersisa kemuliaan bagi kalian di tengah- tengah manusia selama kalian hidup.” (Umar bin Abdul Aziz Ma’alim Al Ishlah wa At Tajdid, 2/71)

Orang yang punya kebiasaan berutang maka akan mudah terjerumus dalam kebiasaan berbohong dan berdusta, bahkan sering tidak menunaikan amanah.

Bisa jadi ia berjanji akan melunasi bulan depan, tetapi ia berbohong dan tidak berniat melunasi bulan depan. Ketika ditagih, bisa jadi ia berbohong “sedang tidak punya uang” padahal ada uang untuk membayar utang tersebut.

Bisa jadi dia juga berbohong agar orang tidak menagih utangnya, misalnya sedang sakit, ada keluarga sedang sakit atau ada keluarga yang sedang meninggal dan kebohongan lainnya.

Perhatikan hadis berikut, dimana ada seorang yang bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Mengapa engkau sering kali berlindung kepada Allah dari utang?”

Beliau menjawab,

“Sesungguhnya, apabila seseorang terlilit utang, maka bila berbicara ia akan dusta dan bila berjanji ia akan ingkari.” (HR. Bukhari dan Muslim)

BISMILLAH SEMUA YANG PUNYA HUTANG ONLINE LUNAS HARI INI

Saya doakan semoga teman-teman yang saat ini sedang terlilit hutang pinjaman online, semoga selalu kuat dan segera di lunaskan hutangnya hari ini oleh Allah. didatangkan rejeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Dan semoga setelah itu, tidak lagi pinjaman hutang online dan bisa bersedekah untuk yang membutuhkan untuk terus memperlancar jalannya rejeki... Aamiin Aamiin Aamiin.

Bantu dishare yup man teman artikel ini... semoga kita semua yang punya niat mau pinjam uang secara online setelah membaca artikel ini berpikir 1000 kali terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Baca Juga Yang Ini yapp

BUAT TEMEN-TEMEN YANG MAU GABUNG JADI SAHABAT MAS IFAN DI GRUP WA BISA KONTAK SAYA DISINI WA 0831-9534-4214, JADI YANG PALING PERTAMA TAHU ADA ARTIKEL MENARIK DAN KEGIATAN MAS IFAN DI GRUP WA SECARA LANGSUNG... ENJOYY