Jangan Nilai Orang Dari Luarnya Saja, Agar Kamu Tak Salah Dalam Menilai Orang

shares


Hallo man teman, jangan lupa untuk selalu membaca sampai selesai yapp... Jangan hanya sekilas saja. Dan setelah membaca sampai selesai biasakan meninggalkan komentar yapp biar saya semakin semangat buat artikel-artikel.

GABUNG JUGA YUK DI GRUP WHATSAPP SAHABAT MAS IFAN 🙏 😍 JOIN GRUP KONTAK WA 0857-4376-2477
Ilustrasi ( Sumber Gambar )
Diary Mas Ifan - Kadang ada juga orang yang begitu mudahnya menilai orang dari apa yang mereka lihat sekilas, atau bahkan kadang ada yang lebih ekstrim, hanya karena "kata orang" seseorang bisa menilai seseorang dengan begitu sadisnya.

Jangan menilai orang lain hanya sebatas luarnya saja, hanya sebatas dari penampilannya, dan hanya sebatas cuplikan hidupnya yang tidak kamu ketahui seluruhnya. Karena buruk dimatamu belum tentu buruk dimata orang lain.

Kenalilah hatimu sebelum kamu berbicara banyak mengenai seseorang, karena itu memang lebih menjadikanmu bijak dalam memberikan penilaian.

YANG TERLIHAT OLEH MATA KADANG BELUM TENTU BENAR ADANYA

Yang terlihat oleh matamu belum tentu benar adanya, sebab penampilan luar semata terkadang bisa mengecoh, maka hati-hatilah dalam menaruh prasangka mengenai hidup seseorang supaya hidupmu tidak terjerumus dalam hal-hal yang merugikan, seperti halnya berprasangka buruk, memfitnah dan memvonis.

TERLIHAT BURUK DI LUAR BELUM TENTU HATINYA BURUK

Terlihat buruk diluar belum tentu hatinya juga buruk, maka selalu pandailah kita dalam berhusnuddzan! Dan yang baik diluar belum tentu hatinya pun juga baik.

Maka kenalilah hatinya terlebih dahulu sebelum kamu memberikan cap atau label pada hidup orang lain supaya kita tidak salah mengerti dalam bersosialisasi, atau tak salah dalam menjalin ukhuwah dalam antara sesama.

PAHAMI SIKAP DAN JUGA TINDAKANNYA, SUPAYA KITA TAHU YANG SEBENARNYA

Pahami sikap dan juga perilakunya, maka kamu bakal tau seperti apa dirinya yang sesungguhnya, jangan pandang keadaan luarnya saja.

Karena jika seperti itu maka kau akan hidup dengan perasaan yang terbiasa menaruh prasangka sembarangan kepada hidup orang lain, dan hal itu hanya akan membuat kamu sulit kelak di hadapan Allah, mengapa?

Sebab hatimu tidak bisa kau kendalikan dengan baik, dan tentu semua itu bakal kamu pertanggung jawabkan dihadapan-Nya.

BERHENTILAH BERPRASANGKA DENGAN SEBATAS PIKIRAN SESAAT

Mulai sekarang berhenti berprasangka dengan sebatas pikiran sesaat, jika tidak kamu bakal tersekat oleh perihnya rasa buruk sangka.

Bagaimana keadaan hati yang senantiasa berburuk sangka? Yaitu ia bakal mengundang penyakit-penyakit hati yang lain, seperti misalnya memfitnah, memvonis dan juga menggunjing.

Dan jika sudah seperti itu maka tentu hati akan mati karena sudah banyak keburukan yang bersarang dalam hati, sehingga tidak ada lagi ruang untuk menampung hidayah.

TELA'AHLAH HATINYA, MAKA KAMU BAKAL MENGERTI CARANYA UNTUK BERSIKAP BIJAK KEPADA SESAMA

Ketika kamu mengenal orang lain, senantiasalah lihat seperti apa hatinya, bukan lihat penampilan luarnya semata.

Tela'ahlah hatinya, maka kamu akan mengerti bagaimana caranya bersikap bijak kepada sesama, dan kau akan sadar bahwa menjalin ukhuwah dengan sesama itu indahnya begitu luar biasa mengangumkan.

Baca Juga Yang Ini yapp

BUAT TEMEN-TEMEN YANG MAU GABUNG JADI SAHABAT MAS IFAN DI GRUP WA BISA KONTAK SAYA DISINI WA 0857-4376-2477, JADI YANG PALING PERTAMA TAHU ADA ARTIKEL MENARIK DAN KEGIATAN MAS IFAN DI GRUP WA SECARA LANGSUNG... ENJOYY