Belanda Kembalikan Keris Pangeran Diponegoro, Keasliannya Malah Diragukan

shares


Hallo man teman, jangan lupa untuk selalu membaca sampai selesai yapp... Jangan hanya sekilas saja. Dan setelah membaca sampai selesai biasakan meninggalkan komentar yapp biar saya semakin semangat buat artikel-artikel.

GABUNG JUGA YUK DI GRUP WHATSAPP SAHABAT MAS IFAN 🙏 😍 JOIN GRUP KONTAK WA 0857-4376-2477
Pengembalian Keris Diponegoro Oleh Belanda (Source)
Diary Mas Ifan - Ada banyak hal penting mengenai kunjungan kenegaraan Raja Belanda Willem-Alexander dan juga Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti ke Indonesia. Selain adanya permintaan maaf mengenai kejadian di masa penjajahan Belanda di masa lalu, kesempatan itu juga dipergunakan untuk mengembalikan keris milik Pangeran Diponegoro yang diserahkan secara simbolis.

Keberadaan keris itu sendiri kemudian menuai polemik di Indonesia. Hal ini terjadi ketika beberapa kalangan mempertanyakan keaslian dari benda yang begitu bersejarah itu sebagai Keris Kyai Naga Siluman tersebut. Sejumlah tokoh publik pun mulai angkat bicara mengenai hal itu.

KEASLIANNYA DIRAGUKAN OLEH FADLI ZON

Perasaan lega dan juga senang memang sempat terasa ketika Keris itu dikembalikan. Akan tetapi, keaslian dari benda bersejarah tersebut rupanya diragukan oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. hal itu terlihat pada kicauan Twitternya yang menyatakan jika keris itu bukan merupakan keris Nogo Siluman seperti yang menjadi pembicaraan selama ini.


“Keris yg dibawa kembali itu dhapur-nya bukan Nogo Siluman. Dari dhapur-nya Nogo Rojo tangguh era Mataram Sultan Agung. Ada 3 keris Diponegoro, kemungkinan yg 2 Nogo Siluman masih di Volkenkunde Museum. Saya pernah lihat Nogo Siluman lurus dan luk yg dibuat pada era sebelum PB III,”. cuitnya Fadli Zon di akun Twitternya pada Rabu, (11/02/2020). 

KERAGUAN AKAN KEASLIAN KERIS DARI KETURUNAN PANGERAN DIPONEGORO

Keris Pangeran Diponegoro ( Source )

Keraguan dengan keaslian Keris Naga Siluman itu berawal dari penuturan ahli waris Pangeran Diponegoro. Menurut mereka, apa yang sudah dikembalikan oleh Belanda itu mempunyai rancangan (Dhapur) dalam istilah perkerisan bukanlah Naga Siluman, melainkan Nagasasra. Hal itu tidak hanya dilihat sekilas dari sisi fisik secara utuh, melainkan dhapur atau rancangan yang ada.

“Kalau melihat fisiknya (keris yang dikembalikan Pemerintah Belanda ke Indonesia) itu dhapur keris nagasasra, itu kalau bicara dhapur ya. “Kalau kita bicara dhapur, keris yang dikembalikan oleh Belanda itu bukan ber-dhapur naga siluman. Itu dhapur-nya adalah nagasasra kamarogan (keris dhapur nagasasra yang dilapisi hiasan emas),” ucap keturunan ketujuh Pangeran Diponegoro, Roni Sodewo yang dikutip dari News.detik.com (11/03/2020)

SEJARAWAN UGM IKUT MEMBERIKAN PENGAKUAN TERKAIT VERIFIKASI KEASLIAN KERIS

Selain Fadli Zon, Sejarawan Universitas Gadjah Mada, Dr. Sri Margana yang terlibat pada verifikasi Keris Pangeran Diponegoro di Belanda itu juga mengungkapkan pendapat dirinya. ia mengaku ketika melakukan verifikasi pada Februari 2020 itu, mempunyai perbedaan pendapat dengan beberapa peneliti Belanda, soal salah satu hewan yang terukir pada keris yang ada.


Sebelumnya, hewan-hewan itu diartikan sebagai rupa gajah, singa dan harimau sebelum disadari bahwa itulah Naga Siluman. Kesimpulan Sri Margana ini juga diamini oleh Direktur Jenderal kebudayaan, Dr. Hilmar Farid, dan juga sejarawan Bonnie Triyana.

“Dari ukiran Naga Siluman Jawa ini saya berkeyakinan bahwa keris ini adalah keris Pangeran Diponegoro yang dinamai Naga Siluman itu, ” ucapnya yang dikutip dari Kompas.com (10/03/2020).

Terlepas atas polemik yang masih meragukan dari keaslian keris itu, apresiasi juga sudah sepantasnya diberikan kepada Raja Belanda Willem-Alexander yang sudah mengupayakan untuk mengembalikan benda bersejarah itu. Tentu saja, ada harapan yang sangat besar supaya kelak semua artefak kuno punya Indonesia yang lainnya juga ikut dikembalikan.

Baca Juga Yang Ini yapp

BUAT TEMEN-TEMEN YANG MAU GABUNG JADI SAHABAT MAS IFAN DI GRUP WA BISA KONTAK SAYA DISINI WA 0857-4376-2477, JADI YANG PALING PERTAMA TAHU ADA ARTIKEL MENARIK DAN KEGIATAN MAS IFAN DI GRUP WA SECARA LANGSUNG... ENJOYY