Cara Melatih Anak Untuk Berpuasa

shares


Hallo man teman, jangan lupa untuk selalu membaca sampai selesai yapp... Jangan hanya sekilas saja. Dan setelah membaca sampai selesai biasakan meninggalkan komentar yapp biar saya semakin semangat buat artikel-artikel.

GABUNG JUGA YUK DI GRUP WHATSAPP SAHABAT MAS IFAN 🙏 😍 JOIN GRUP KONTAK WA 0857-4376-2477
ilustrasi ( Source )
Diary Mas Ifan - Jujur aja gue udah punya anak dan ini adalah beberapa hal yang sering gue terapkan kepada anak gue agar ia mau berpuasa, belajar berpuasa sebelum bulan Romadhon itu adalah hal yang bagus gaes.

Karena nanti jika mereka sudah harus berpuasa Romadhon mereka tidak kaget dengan rutinitas mereka yang harus bangun pagi untuk sahur dan kemudian baru boleh makan dan minum setelah Bedug Maghrib berbunyi.

Anak-anak yang masih belum baligh tentu belum mengetahui makna dan juga manfaat dari puasa itu sendiri. Maka dari itu, anak haruslah dilatih berpuasa sejak dini supaya mulai terbiasa dengan nilai-nilai agama ketika dewasa nanti.

Dan ini beberapa hal yang bisa diterapkan untuk anak agar mereka bisa belajar untuk berpuasa.

BERI CONTOH BERPUASA KEPADA MEREKA

Jadi jangan hanya menyuruh anak kita untuk berpuasa, berilah mereka contoh bagaimana berpuasa itu, Tentu saja orang tua adalah guru terdekat dan guru paling pertama yang mengajari anaknya, maka dari itu sebagai orang tua kita wajib mengajarkan anak yang baik-baik.

Contohi mereka bagaimana berpuasa, misalnya seperti ketika sahur, anak-anak dibangunkan terlebih dahulu dan diberi tahu tentang makan sahur dan juga buka puasa.

AJARI TERLEBIH DAHULU SETENGAH HARI

Jangan langsung memaksakan gaes, kalau menurut Mas Ifan ada baiknya diajarkan terlebih dahulu untuk berpuasa setengah hari menurut gue sih gaes tidak menurut siapa-siapa. Karena yang saya lakukan seperti itu, saya ajari terlebih dahulu anak saya untuk berpuasa setengah hari.

Dan setelah mereka terbiasa, maka ditingkatkan levelnya menjadi full sampai maghrib. Jangan memaksa jika anak kalian masih belum sanggup untuk berpuasa, terlebih jika anak kalian usianya masih sangat kecil 5 atau 7 tahun.

BERI HADIAH JIKA MEREKA BERHASIL

Kalau yang ini, awalnya kita jangan langsung menjanjikan hadiah terlebih dahulu kepada anak kita, beri hadiah saja ketika ia sudah berhasil. jadi dengan begitu supaya puasa anak itu bukan karena hadiah melainkan karena memang mereka ingin menjalankan puasa dan berjuang agar bisa berpuasa sampai bedug maghrib.

Hadiah juga saya sarankan jangan yang terlalu Wow, yang biasa-biasa aja tapi menarik, mungkin selain membelikan mainan baru bisa juga dengan memasak makanan favoritnya atau kesukaannya.

Itu dia 3 cara yang bisa dilakukan untuk menjadi Cara melatih anak agar mau berpuasa, semoga cara diatas bisa bermanfaat.

Baca Juga Yang Ini yapp

BUAT TEMEN-TEMEN YANG MAU GABUNG JADI SAHABAT MAS IFAN DI GRUP WA BISA KONTAK SAYA DISINI WA 0857-4376-2477, JADI YANG PALING PERTAMA TAHU ADA ARTIKEL MENARIK DAN KEGIATAN MAS IFAN DI GRUP WA SECARA LANGSUNG... ENJOYY